Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Wednesday 20 May 2015

Cara menerapkan SEO ke Blog

Hosting Indonesia
Istilah SEO (Search Engine Optimization) pertama kali saya dengar kurang lebih dua tahun yang lalu. Kebetulan ada  teman yang menjalankan bisnis travelling meminta bantuan untuk menerapkan SEO di website miliknya.  Saya kemudian bertanya apa itu SEO dan apa manfaatnya?  Dari uraian yang di paparkan saya akhirnya meluncur ke rumahnya om google. Penasaran karna minat saya di bidang website sangat tinggi. Kebetulan suka dengan pemrograman PHP saya telusuri lebih jauh apa itu SEO dan manfaatnya di dunia Internet. Setelah mendapatkan informasi yang cukup saya akhirnya menolak permintaan teman untuk menerapkan SEO ke situsnya karna memang belum bisa. Lama saya tinggalkan dunia web dan SEO karna belum punya keinginan untuk membangun website sendiri. Postingan saya tentang SEO ini adalah yang ke-4 tanpa di sengaja saya coba searching ke google tentang ke-3 postingan yang saya muat sebelumnya. Saya kaget, bangga dan terus bertanya kenapa postingan saya yang baru ber-usia 7 hari bisa langsung masuk ke pencarian halaman 1? apakah saya telah melewati proses SEO tanpa di sengaja? Apakah ini yang dinamakan SEO? Kembali saya urutkan kronologis proses blog saya dan menyadari bahwa saya sudah mengarahkan dengan benar blog saya ke google search engine. Mungkin terlalu panjang lebar ikuti cara saya membuat blog seo. (saya membuat blog seo tanpa pengetahuan apapun tentang seo) :
  1. Buat dulu akun gmail bagi yang belum punya.
  2. Registrasi ke akun g+ dan minta refernsi teman untuk bisa bergabung dengan semua teman yang sudah terkoneksi.
  3. Tambahkan orang sebanyak mungking ke lingkaran anda. Ini sangat berguna ketika anda membuat sebuah postingan karena orang-orang yang ada di lingkaran anda akan mendapat notifikasi atas apa yang anda sharekan dari blog.
  4. Buatkan halaman g+ (g+ page). Fasilitas ini ada di akun g+.
  5. Registrasi ke blogger untuk membuat blog.
  6. Sebelum membuat postingan klik  "google+" pada menu bagian kiri blogger, pastikan pastikan g+ page anda pada bagian atas dan akun g+ anda di bagian bawah. Hal ini berguna ketika anda mempublikasikan tulisan maka tulisan anda akan dishare publicy di g+page. 
  7. Sebelum membuat judul tulisan sebaiknya di riset dulu keywordnya agar lebih mudah. Tips ini saya dapat setelah membuat blog. Untuk link riset keyword bisa di lihat di link fav saya di widget sebelah kiri blog saya. langsung klik untuk masuk ke website riset keyword.
  8. Lihat postingan anda dan beri g+1 untuk setiap postingan dengan demikian postingan anda  akan masuk ke akun g+ anda. Jadi setiap postingan anda akan masuk di akun g+ dan g+page. Tulisan anda sudah menyebar ke 2 arah. Jika postingan anda juga di share ke akun sosial lain sudah pasti semakin heboh tulisan anda di dunia maya. 
  9. Tambahkan widget profil akun g+
  10. Tambahkan widget g+page di blog anda follow g+page anda dengan demikian semua lingkaran yang ada di akun g+ akan masuk ke g+page yang anda buat.
  11. Gunakan g+ komentar untuk menambah rating tulisan anda.
  12.  Masuk ke g+ page dan buat konfigurasi google analitic untuk mendapatkan statistik visitor blog anda. Fasilitas google analitic  ada di g+ page bukan di akun g+.
  13. Lakukan seting prifacy akun google anda agar terhindar dari serangan musuh.(hehehehe). Ingat!!! semua akun google (gmail, g+, g+page dan blogger hanya ada satu password) jadi settingan privacy anda harus benar-benar protek. Untuk settingan privacy disetting via foto profile lalu klik privacy. Di sana sudah disiapkan fasilitas untuk keamanan akun anda.
  14. Semakin jauh saya sendiri merasa semakin ribet penjelasan saya. mungkin terlalu panjang lebar dan kelihatan seperti prosedur membuat blog dan membuat akun google bukan seo yang sebenarnya. Tapi inti yang mau saya sampaikan di sini adalah gunakan fasilitas yang ditawarkan google semaksimal mungkin dengan demikian anda akan di sayang google. Kalau anda merasa ribet jangan lakukan ini semua dalam sekali duduk bisa hang otak anda karna loading (D:).
  15. Masuk ke forum-forum diskusi dan perkenalkan blog anda ke forum
  16. Kelanjutannya masih ada. Bagi yang mau dapatkan penjelasan bergambar akan saya share periode berikutnya.
  17. Nice share with you. Bye for now.

1 comment:

positivethought said...

मैं ब्लॉग साझा करने के लिए आपकी सराहना करता हूं। यह सचमुच मददगार है काम जारी रखें.किरपा करके हमें भी अपने जैसे बनाये धन्यवाद्
कार्तिक माह को हिंदुओं का पवित्र महीना क्यों माना जाता है,

 
Blogger Templates