Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Monday 11 May 2015

Canon IP 2770 tidak bisa masuk ke Service Mode / safe mode

Hosting Indonesia
Langsung ke intinya untuk masalah printer yang tidak masuk ke "safe mode/service mode" adalah kondisi dimana printer meskipun sudah diarahkan dengan benar sesuai petunjuk untuk masuk ke kondisi siap di reset tapi lampu orange terus blinking.  Permasalahan ini sebenarnya muncul karena pengguna tidak memahami prosedur menggunakan printer yang baik. Printer yang saya miliki tidak pernah mengalami kondisi seperti ini tapi sebagai seorang teknisi sering berhadapan dengan kondisi seperti ini. Pada awalnya bingung bagaimana menyelesaikan persoalan seperti ini. Akhirnya saya bertanya kepada Om Google tapi saya sendiri tidak menemukan jawaban yang memuaskan. Demi menjaga nama baik sebagai teknisi di mata customer saya akhirnya mencoba menganalisa kira-kira apa yang menyebabkan lampu orange terus berkedip sementara tahap masuk ke safe mode sudah dilakukan dengan benar. Sebelum ke sana kita harus pahami dulu apa itu RESET? Reset adalah proses dimana kita mengembalikan kondisi yang ada ke kondisi semula. Untuk masalah printer, proses reset berlangsung pada EEPROM tempat dimana software printer dibenamkan. Karna pemakaian yang tidak mengikuti prosedur dengan baik maka kinerja softwarenya menjadi tidak seperti semula (tidak normal). Hal ini ditandai dengan lampu orange yang blinking. Vendor biasanya menyiapkan resetter untuk solusi ini namun yang menjadi persoalan adalah resetter hanya bisa dijalankan pada kondisi safe mode. Adakah solusinya jika printer tidak bisa diarahkan ke kondisi siap reset (safe mode)?. Ada solusinya...tapi sebelum masuk ke sana terlebih dahulu kita cek kondisi badan printer yang kita miliki mulai dari :
  1. Head (tempat catridge). bersihkan menggunakan kwas dan alkohol pada bagian kontak listriknya.
  2. Cek pergerakan printer apakah ada hambatan seperti masuknya benda ataupun binatang  yang menghalangi pergerakan head dan tempat keluar masuknya kertas
  3. Pastikan ke dua catridge dalam kondisi normal.
  4. Penting : Bandingkan pergerakan head printer bermasalah dengan pergerakan head printer normal.
  5. Jika semuanya aman kita masuk ke tahap berikutnya. Untuk tahap ini  saya sudah siapkan e-book. Bagi yang berminat hubungi saya via email berikut ini. stevebypass@gmail.com. Bagi yang konfirmasi via e-mail bisa dapatkan pencerahan langsung via telepon.
  6. Solusi yang mau saya share-kan juga berlaku untuk semua seri printer canon. saya sudah coba dan berhasil. (ebook bergaransi)
  7. Sebenarnya jawaban atas persoalan ini sudah tersirat pada tulisan ini bagi yang benar-benar memahami tulisan ini pasti bisa menemukan jalan keluar apa yang harus di kerjakan.
  8. Bagi yang mau dapatkan free e book silahkan download di SINI 
  9. Terus kunjungi postingan ini karna saya selalu update isinya. Bye for now
  10. Note : GANTI MAINBOARD BELUM TENTU MENYELESAIKAN PERSOALAN

1 comment:

zeinFC said...

bagaimana solusinya kalau lampu warna orange nya menyala tapi tidak berkedip?, maksudnya menyala terus gan

 
Blogger Templates