Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Saturday 11 July 2015

Apa itu sasaran / goals di google analitics

Gunakan Sasaran untuk mengukur seberapa sering pengguna menyelesaikan tindakan tertentu.
Sasaran mengukur seberapa baik situs atau aplikasi memenuhi tujuan target. Sasaran merupakan aktivitas yang diselesaikan, yang disebut konversi, yang berkontribusi terhadap keberhasilan bisnis Anda. Contoh Sasaran termasuk melakukan pembelian (untuk situs e-niaga), menyelesaikan level game (untuk aplikasi game seluler), atau mengirim formulir informasi kontak (untuk situs pemasaran atau perolehan prospek).
Menetapkan Sasaran merupakan komponen dasar untuk rencana pengukuran analisis digital. Mengonfigurasikan Sasaran dengan tepat memungkinkan Google Analytics memberikan informasi penting untuk Anda, seperti jumlah konversi dan rasio konversi bagi situs atau aplikasi Anda. Tanpa informasi ini, Anda hampir tidak mungkin dapat mengevaluasi keefektifan kampanye bisnis dan pemasaran online Anda.
Tonton video di bawah untuk ikhtisar mengenai Sasaran Google Analytics.

Cara kerja Sasaran

Sasaran dikonfigurasi pada tingkat tampilan. Sasaran dapat diterapkan pada laman atau layar tertentu yang dikunjungi oleh pengguna Anda, seberapa banyak laman/layar yang mereka lihat dalam satu sesi, seberapa lama mereka tetap berada di situs atau aplikasi Anda, dan peristiwa yang mereka picu ketika berada di sana. Setiap Sasaran dapat memiliki nilai uang, sehingga Anda dapat melihat seberapa besar konversi tersebut berarti bagi bisnis Anda. Menggunakan nilai untuk Sasaran memungkinkan Anda berfokus pada konversi nilai tertinggi, seperti transaksi dengan jumlah pembelian minimum.
Ketika pengunjung situs Anda atau pengguna aplikasi Anda melakukan tindakan yang telah ditetapkan sebagai Sasaran, Google Analytics mencatatnya sebagai konversi. Data konversi tersebut kemudian disediakan dalam beberapa laporan khusus, yang dijelaskan di bawah.

Jenis sasaran

Sasaran dibagi ke dalam 5 jenis, yang dicantumkan dalam tabel di bawah:
Jenis Sasaran Deskripsi Contoh
Tujuan Pemuatan lokasi tertentu Terima kasih telah mendaftar! laman web atau layar aplikasi
Durasi Sesi yang berlangsung selama jumlah waktu tertentu atau lebih lama 10 menit atau lebih lama dihabiskan di situs dukungan
Laman/Layar per sesi Pengguna melihat sejumlah laman atau layar tertentu 5 laman atau layar telah dimuat
Peristiwa Sebuah tindakan yang ditetapkan sebagai Peristiwa dipicu Saran sosial, pemutaran video, dan klik iklan

Corong untuk Sasaran Tujuan

Dengan Sasaran Tujuan, Anda dapat menetapkan jalur yang Anda harapkan dilalui lalu lintas. Jalur ini disebut corong. Saat Anda menetapkan langkah-langkah di corong, Analytics dapat mencatat di mana pengguna memasuki dan keluar jalur dalam proses menuju Sasaran Anda. Data ini muncul di laporan Alur dan Corong Sasaran. Anda dapat melihat, misalnya, sebuah laman atau layar di corong tempat keluarnya banyak lalu lintas sebelum menuntaskan Sasaran, yang menunjukkan adanya masalah pada langkah tersebut. Anda juga mungkin akan melihat banyak lalu lintas yang melewatkan langkah, yang menunjukkan jalur menuju konversi terlalu panjang atau berisi langkah-langkah yang tidak ada hubungannya.
Pelajari lebih lanjut laporan Alur dan Corong Sasaran.

Nilai Sasaran

Ketika Anda menyiapkan Sasaran, Anda memiliki opsi untuk menetapkan jumlah uang pada konversi tersebut. Setiap kali Sasaran diselesaikan oleh pengguna, jumlah ini dicatat dan kemudian ditambahkan bersama-sama dan terlihat di laporan Anda sebagai Nilai Sasaran.
Setiap tindakan yang dilakukan pengguna dapat diterjemahkan ke dalam jumlah uang. Satu cara untuk membantu menentukan berapa seharusnya nilai Sasaran tersebut adalah dengan mengevaluasi seberapa sering pengguna yang menyelesaikan Sasaran menjadi pelanggan. Misalnya, jika tim penjualan Anda dapat menutup 10% saja dari orang-orang yang mendaftar ke buletin, dan transaksi rata-rata Anda adalah Rp5.000.000, Anda dapat menetapkan Rp500.000 (misalnya 10% dari Rp5.000.000) untuk Sasaran pendaftaran buletin Anda—Sasaran yang diselesaikan oleh pengguna ketika mereka mencapai laman pendaftaran buletin akhir. Sebaliknya, jika hanya 1% dari pendaftaran yang menghasilkan penjualan, Anda dapat hanya menetapkan Rp50.000 untuk Sasaran pendaftaran buletin Anda.
Anda dapat mengubah unit mata uang untuk Nilai Sasaran di setelan tampilan.

ID Sasaran dan kumpulan Sasaran

Setiap Sasaran yang Anda buat diberi ID numerik dari 1 hingga 20. Sasaran dikelompokkan menjadi kumpulan dari  hingga 5 Sasaran individual. Kumpulan Sasaran memungkinkan Anda untuk mengategorisasikan berbagai jenis Sasaran untuk situs Anda. Misalnya, Anda dapat melacak laman unduhan, pendaftaran, dan tanda terima di kumpulan Sasaran yang berbeda. Kumpulan tersebut muncul dalam laporan sebagai tautan di bawah tab Penjelajah di banyak laporan.
Pos blog Analytics dari 14 Juni 2012 memiliki contoh yang bagus mengenai bagaimana mengatur kumpulan Sasaran.

Pelaporan tentang Sasaran

Anda dapat menganalisis rasio Sasaran tercapai, atau rasio konversi dalam laporan Konversi > Sasaran. Konversi Sasaran juga muncul di laporan lain, termasuk laporan Konversi > Corong Multisaluran, laporan Konversi > Pengaitan, dan laporan Akuisisi.

Batas Sasaran

Sasaran dibatasi hingga 20 per tampilan pelaporan. Untuk melacak lebih dari 20 Sasaran, buat tampilan tambahan untuk properti tersebut, atau edit Sasaran yang ada yang tidak diperlukan lagi.
Sasaran berlaku untuk data yang Anda kumpulkan setelah Sasaran dibuat. Dengan kata lain, Anda harus menyiapkan Sasaran di akun Google Analytics sebelum data muncul di laporan Sasaran dan laporan lain yang memberikan data tentang Sasaran dan Konversi Sasaran.
Sasaran tidak dapat dihapus, namun Anda dapat berhenti mencatat data untuk Sasaran. 

Praktik Terbaik untuk Sasaran

Gunakan nama intuitif untuk Sasaran Anda. Hal ini akan membantu Anda dan orang lain memahami laporan konversi dengan lebih mudah.
Meskipun menetapkan nilai Sasaran bersifat opsional, sebaiknya Anda melakukannya untuk membantu memonetisasi dan mengevaluasi konversi Anda. Perhatikan bahwa Google Analytics juga menggunakan data nilai Sasaran untuk menghitung metrik lain seperti ROAS (Pendapatan Atas Belanja Iklan). Jika menggunakan nilai uang sebagai nilai Sasaran tampaknya tidak sesuai bagi situs atau aplikasi Anda, cukup gunakan skala numerik yang konsisten untuk memberi bobot dan membandingkan konversi Anda. Misalnya, berikan angka "1" untuk Sasaran bernilai rendah dan angka "10" untuk Sasaran bernilai tinggi.
Jika Anda mengubah atau mengatur ulang tujuan Sasaran yang ada, pastikan untuk melacak kapan Anda melakukan perubahan. Karena Sasaran tidak berlaku pada data historis, mengubah Sasaran akan mengubah data konversi Anda dari titik perubahan. Hal ini dapat menyebabkan kebingungan dalam laporan Anda. (Ini adalah alasan lain untuk menamai Sasaran Anda secara intuitif).

Langkah berikutnya

Pelajari lebih lanjut laporan Alur Sasaran.

No comments:

 
Blogger Templates