Sasaran
mengukur seberapa baik situs atau aplikasi memenuhi tujuan target.
Sasaran merupakan aktivitas yang diselesaikan, yang disebut konversi,
yang berkontribusi terhadap keberhasilan bisnis Anda. Contoh Sasaran
termasuk melakukan pembelian (untuk situs e-niaga), menyelesaikan level
game (untuk aplikasi game seluler), atau mengirim formulir informasi
kontak (untuk situs pemasaran atau perolehan prospek).
Menetapkan Sasaran merupakan komponen dasar untuk rencana pengukuran
analisis digital. Mengonfigurasikan Sasaran dengan tepat memungkinkan
Google Analytics memberikan informasi penting untuk Anda, seperti jumlah
konversi dan rasio konversi bagi situs atau aplikasi Anda. Tanpa
informasi ini, Anda hampir tidak mungkin dapat mengevaluasi keefektifan
kampanye bisnis dan pemasaran online Anda.
Tonton video di bawah untuk ikhtisar mengenai Sasaran Google Analytics.
Cara kerja Sasaran
Sasaran dikonfigurasi pada tingkat tampilan. Sasaran dapat diterapkan
pada laman atau layar tertentu yang dikunjungi oleh pengguna Anda,
seberapa banyak laman/layar yang mereka lihat dalam satu sesi, seberapa
lama mereka tetap berada di situs atau aplikasi Anda, dan peristiwa yang
mereka picu ketika berada di sana. Setiap Sasaran dapat memiliki nilai
uang, sehingga Anda dapat melihat seberapa besar konversi tersebut
berarti bagi bisnis Anda. Menggunakan nilai untuk Sasaran memungkinkan
Anda berfokus pada konversi nilai tertinggi, seperti transaksi dengan
jumlah pembelian minimum.
Ketika pengunjung situs Anda atau pengguna aplikasi Anda melakukan
tindakan yang telah ditetapkan sebagai Sasaran, Google Analytics
mencatatnya sebagai konversi. Data konversi tersebut kemudian disediakan
dalam beberapa laporan khusus, yang dijelaskan di bawah.
Jenis sasaran
Sasaran dibagi ke dalam 5 jenis, yang dicantumkan dalam tabel di bawah:
Jenis Sasaran | Deskripsi | Contoh |
---|---|---|
Tujuan | Pemuatan lokasi tertentu | Terima kasih telah mendaftar! laman web atau layar aplikasi |
Durasi | Sesi yang berlangsung selama jumlah waktu tertentu atau lebih lama | 10 menit atau lebih lama dihabiskan di situs dukungan |
Laman/Layar per sesi | Pengguna melihat sejumlah laman atau layar tertentu | 5 laman atau layar telah dimuat |
Peristiwa | Sebuah tindakan yang ditetapkan sebagai Peristiwa dipicu | Saran sosial, pemutaran video, dan klik iklan |
Corong untuk Sasaran Tujuan
Dengan Sasaran Tujuan, Anda dapat menetapkan jalur yang Anda harapkan dilalui lalu lintas. Jalur ini disebut corong.
Saat Anda menetapkan langkah-langkah di corong, Analytics dapat
mencatat di mana pengguna memasuki dan keluar jalur dalam proses menuju
Sasaran Anda. Data ini muncul di laporan Alur dan Corong Sasaran.
Anda dapat melihat, misalnya, sebuah laman atau layar di corong tempat
keluarnya banyak lalu lintas sebelum menuntaskan Sasaran, yang
menunjukkan adanya masalah pada langkah tersebut. Anda juga mungkin akan
melihat banyak lalu lintas yang melewatkan langkah, yang menunjukkan
jalur menuju konversi terlalu panjang atau berisi langkah-langkah yang
tidak ada hubungannya.
Pelajari lebih lanjut laporan Alur dan Corong Sasaran.
Nilai Sasaran
Ketika Anda menyiapkan Sasaran, Anda memiliki opsi untuk menetapkan
jumlah uang pada konversi tersebut. Setiap kali Sasaran diselesaikan
oleh pengguna, jumlah ini dicatat dan kemudian ditambahkan bersama-sama
dan terlihat di laporan Anda sebagai Nilai Sasaran.
Setiap tindakan yang dilakukan pengguna dapat diterjemahkan ke dalam
jumlah uang. Satu cara untuk membantu menentukan berapa seharusnya nilai
Sasaran tersebut adalah dengan mengevaluasi seberapa sering pengguna
yang menyelesaikan Sasaran menjadi pelanggan. Misalnya, jika tim
penjualan Anda dapat menutup 10% saja dari orang-orang yang mendaftar ke
buletin, dan transaksi rata-rata Anda adalah Rp5.000.000, Anda dapat
menetapkan Rp500.000 (misalnya 10% dari Rp5.000.000) untuk Sasaran
pendaftaran buletin Anda—Sasaran yang diselesaikan oleh pengguna ketika
mereka mencapai laman pendaftaran buletin akhir. Sebaliknya, jika hanya
1% dari pendaftaran yang menghasilkan penjualan, Anda dapat hanya
menetapkan Rp50.000 untuk Sasaran pendaftaran buletin Anda.
Anda dapat mengubah unit mata uang untuk Nilai Sasaran di setelan tampilan.
ID Sasaran dan kumpulan Sasaran
Setiap Sasaran yang Anda buat diberi ID numerik dari 1 hingga 20.
Sasaran dikelompokkan menjadi kumpulan dari hingga 5 Sasaran
individual. Kumpulan Sasaran memungkinkan Anda untuk mengategorisasikan
berbagai jenis Sasaran untuk situs Anda. Misalnya, Anda dapat melacak
laman unduhan, pendaftaran, dan tanda terima di kumpulan Sasaran yang
berbeda. Kumpulan tersebut muncul dalam laporan sebagai tautan di bawah
tab Penjelajah di banyak laporan.
Pos blog Analytics dari 14 Juni 2012 memiliki contoh yang bagus mengenai bagaimana mengatur kumpulan Sasaran.
Pelaporan tentang Sasaran
Anda dapat menganalisis rasio Sasaran tercapai, atau rasio konversi dalam laporan Konversi > Sasaran. Konversi Sasaran juga muncul di laporan lain, termasuk laporan Konversi > Corong Multisaluran, laporan Konversi > Pengaitan, dan laporan Akuisisi.
Batas Sasaran
Sasaran dibatasi hingga 20 per tampilan pelaporan. Untuk melacak
lebih dari 20 Sasaran, buat tampilan tambahan untuk properti tersebut,
atau edit Sasaran yang ada yang tidak diperlukan lagi.
Sasaran berlaku untuk data yang Anda kumpulkan setelah Sasaran
dibuat. Dengan kata lain, Anda harus menyiapkan Sasaran di akun Google
Analytics sebelum data muncul di laporan Sasaran dan laporan lain yang
memberikan data tentang Sasaran dan Konversi Sasaran.
Sasaran tidak dapat dihapus, namun Anda dapat berhenti mencatat data untuk Sasaran.
Praktik Terbaik untuk Sasaran
Gunakan nama intuitif untuk Sasaran Anda. Hal ini akan membantu Anda
dan orang lain memahami laporan konversi dengan lebih mudah.
Meskipun menetapkan nilai Sasaran bersifat opsional, sebaiknya Anda
melakukannya untuk membantu memonetisasi dan mengevaluasi konversi Anda.
Perhatikan bahwa Google Analytics juga menggunakan data nilai Sasaran
untuk menghitung metrik lain seperti ROAS (Pendapatan Atas Belanja
Iklan). Jika menggunakan nilai uang sebagai nilai Sasaran tampaknya
tidak sesuai bagi situs atau aplikasi Anda, cukup gunakan skala numerik
yang konsisten untuk memberi bobot dan membandingkan konversi Anda.
Misalnya, berikan angka "1" untuk Sasaran bernilai rendah dan angka "10"
untuk Sasaran bernilai tinggi.
Jika Anda mengubah atau mengatur ulang tujuan Sasaran yang ada,
pastikan untuk melacak kapan Anda melakukan perubahan. Karena Sasaran
tidak berlaku pada data historis, mengubah Sasaran akan mengubah data
konversi Anda dari titik perubahan. Hal ini dapat menyebabkan
kebingungan dalam laporan Anda. (Ini adalah alasan lain untuk menamai
Sasaran Anda secara intuitif).
Langkah berikutnya
Pelajari lebih lanjut laporan Alur Sasaran.
No comments:
Post a Comment