Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Wednesday 1 July 2015

Apa itu Spam di Gmail

Gmail memiliki sistem otomatis yang membantu mendeteksi spam dengan mengidentifikasi virus dan pesan mencurigakan, menemukan pola di seluruh pesan, dan belajar dari apa yang umumnya ditandai pengguna Gmail seperti Anda sebagai spam.
Anda mungkin melihat pesan penjelasan singkat di bagian atas beberapa email tentang mengapa pesan tertentu ditandai sebagai spam atau mencurigakan. Gunakan informasi ini untuk melindungi Anda dari pesan yang berpotensi membahayakan atau menipu serta untuk lebih memahami mengapa pesan ditandai atau tidak ditandai sebagai spam/mencurigakan.
Berikut ini beberapa penjelasan yang mungkin Anda lihat:
Jika Anda melihat peringatan bahwa seseorang mungkin mencoba menipu Anda dengan menggunakan karakter yang terlihat serupa di alamat emailnya, Anda harus memperhatikan alamat email pengirim tersebut. Email tersebut mungkin berasal dari orang yang tidak Anda kenal. Misalnya, pengirim mungkin tampak seolah-olah mengirim email dari alamat seperti example@google.com, tetapi sebenarnya mereka menggunakan karakter Yunani "o" bukan karakter Latin "o". Perbedaaan seperti ini mungkin sangat sulit diketahui, jadi sebaiknya Anda mewaspadai setiap pesan yang menampilkan peringatan ini dan memverifikasi setiap tautan dalam pesan tersebut sebelum mengekliknya. Ketahuilah bahwa Google tidak akan pernah menanyakan sandi atau informasi pribadi Anda melalui email.
Jika Anda mengetahui alamat email palsu, tetapi tidak ada pesan peringatan pada email, pastikan untuk menandai email tersebut sebagai spam. Menandai email tersebut sebagai spam membantu kami lebih baik dalam mendeteksi jenis kasus ini.
Sebagian penyebar spam mengirim pesan penipuan yang mencoba mengelabui Anda agar berbagi informasi pribadi seperti sandi atau nomor kartu kredit. Praktik ini disebut phishing. Yang perlu diketahui:
Sangat disarankan agar Anda jangan mengeklik tautan di pesan tersebut dan juga jangan membalasnya. Penyebar spam dapat mengirim pesan yang tampak berasal dari orang atau perusahaan yang Anda kenal, dan bahkan mungkin membajak email seseorang dan mengirim pesan dari akun tersebut. Oleh karena itu, berhati-hatilah terhadap pesan tersebut, bahkan jika Anda mengenal pengirimnya. Ketahuilah bahwa Google tidak akan pernah menanyakan sandi atau informasi Anda yang bersifat sensitif melalui email.
Tindakan yang dapat Anda lakukan:
Jika pesan terlihat seperti berupaya untuk mendapatkan informasi pribadi Anda, bantu sistem kami mempelajari upaya tersebut dengan melaporkan pesan tersebut sebagai phishing:
  1. Di Gmail, buka pesan yang ingin Anda laporkan.
  2. Klik tanda panah bawah di sebelah tombol “Balas” di kanan atas jendela pesan.
    Reply drop-down arrow
  3. Pilih Laporkan Phishing.

Jika pesan jelas-jelas tidak berbahaya, Anda dapat mengeklik tombol "Bukan spam" untuk memindahkan pesan keluar dari folder Spam dan dimasukkan ke Kotak Masuk Anda. Anda juga dapat memilih "Laporkan bukan phishing" untuk memberi tahu kami bahwa pesan tersebut sah (klik panah ke bawah di samping "Balas" untuk melihat opsi ini). Dengan menandai pesan sebagai bukan spam atau phishing, sistem Gmail akan belajar dari contoh tersebut dan menjadi lebih akurat dalam menandai pesan pada masa mendatang. Ada juga beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah email yang sah ditandai sebagai spam.
Penyebar spam dapat memalsukan pesan untuk membuatnya tampak seperti dikirim oleh situs web atau perusahaan sungguhan yang mungkin Anda percaya. Untuk membantu melindungi Anda dari pesan tersebut, Google mencoba untuk memverifikasi pengirim yang sesungguhnya dengan menggunakan autentikasi email. Proses autentikasi mencoba memverifikasi pengirim yang sesungguhnya dengan melihat data autentikasi dari sebuah pesan. Data ini semestinya disertakan dalam header "signed-by" atau "mailed-by" (ditampilkan di bawah baris subjek ketika Anda melihat detail pesan). Bila pengirim tidak menyertakan data ini, kami tidak dapat memastikan apakah pesan tersebut dipalsukan atau tidak. Misalnya, sebuah pesan mungkin mengklaim berasal dari alamat Gmail, namun kami tidak dapat mengonfirmasi klaim tersebut jika pesan tidak memiliki data autentikasi.
Beberapa domain yang phishingnya tinggi telah meminta Gmail untuk menegakkan pemeriksaan autentikasi ketat pada emailnya. Domain tersebut termasuk eBay, Paypal, dan Google. Semua pesan yang tidak berkepentingan dari domain tersebut akan segera dikirim ke folder spam. Untuk informasi lebih lanjut, lihat blog Gmail atau situs DMARC.
Hilangnya data autentikasi bisa terjadi pada pesan yang sah maupun pesan yang berbahaya. Misalnya, Gmail mungkin tidak dapat memverifikasi pesan yang dikirim melalui situs web (seperti ketika teman berbagi artikel berita melalui surat kabar online), pesan yang diteruskan secara otomatis (seperti dari alamat email sekolah Anda ke alamat Gmail pribadi Anda), atau pesan yang dikirim ke milis.
Yang perlu diketahui:
Penting untuk mewaspadai praktik phishing, pesan yang berusaha mengelabui Anda agar berbagi informasi pribadi seperti sandi atau detail kartu kredit, mengunjungi situs web berbahaya, atau menerima virus komputer. Penyebar spam dapat mengirim pesan yang tampak berasal dari orang atau perusahaan yang Anda kenal, dan bahkan mungkin membajak email seseorang dan mengirim pesan dari akun tersebut. Therefore, be wary of these messages, even if you know the sender. Ketahuilah bahwa Google tidak akan pernah menanyakan sandi atau informasi pribadi Anda melalui email.
Untuk setiap pesan yang mencurigakan, sebaiknya jangan mengeklik tautan serta lampiran dan juga jangan membalas pesan tersebut.
Tindakan yang dapat Anda lakukan:
Jika pesan terlihat seperti berupaya untuk mendapatkan informasi pribadi Anda, bantu sistem kami mempelajari upaya tersebut dengan melaporkan pesan tersebut sebagai phishing:
  1. Di Gmail, buka pesan yang ingin Anda laporkan.
  2. Klik tanda panah bawah di sebelah tombol “Balas” di kanan atas jendela pesan.
    Reply drop-down arrow
  3. Pilih Laporkan Phishing.

Jika Anda melihat pesan yang belum diautentikasi yang Anda ketahui sah namun ditandai sebagai Spam, mungkin ada masalah di pihak pengirim atau pada setelan Anda. Jika Anda yakin pesan tidak berbahaya, klik tombol Bukan spam untuk memindahkan pesan dari folder Spam ke Kotak masuk.
Untuk mencegah jenis pesan tersebut diklarifikasikan sebagai spam pada masa mendatang, Anda dapat melakukan salah satu langkah berikut:
  • Jika alamat pengirim diakhiri dengan “@gmail.com,” ikuti langkah pemecahan masalah ini.
  • Jika Anda meneruskan pesan dari akun lain ke Gmail Anda dan ditandai sebagai spam, ikuti langkah berikut:
    1. Klik roda gigi di kanan atas, lalu pilih Setelan.
    2. Buka tab Akun.
    3. Cari bagian “Kirim email sebagai” dan klik Tambahkan alamat email Anda.
    4. Tambahkan alamat email dari akun yang hendak Anda teruskan. Gmail akan mendeteksi bahwa Anda meneruskan dari akun tersebut dan membantu mencegah pesan ditandai sebagai spam.
  • Pada kasus lainnya, lihat pedoman mengenai cara mencegah pesan yang sah ditandai sebagai spam ini.
Pelajari lebih lanjut

Anda sebelumnya telah menandai pesan tersebut sebagai spam dengan mengeklik tombol "Laporkan sebagai spam" atau "Laporkan phishing". Kedua tindakan tersebut akan mengirim pesan ke folder Spam dan menghapusnya dari Kotak Masuk Anda. Yang perlu diketahui:
Setelah Anda melaporkan spam untuk beberapa pesan dari pengirim yang sama, sistem kami akan belajar dari perilaku Anda dan mungkin terus memasukkan pesan dari pengirim tersebut ke Spam, bahkan jika Anda tidak melaporkannya secara khusus.
Ketahui juga bahwa Anda dapat membuat filter untuk merutekan pesan tertentu dari Spam ke Kotak Masuk, atau merutekan pesan spam ke folder Sampah. Kami akan memberi tahu Anda setiap kali filter Anda menyebabkan pesan yang ditandai oleh sistem kami sebagai spam dipindahkan ke Kotak Masuk; jika Anda ingin pesan tersebut tetap ada di Spam, pertimbangkan untuk mengubah filter.
Tindakan yang dapat Anda lakukan:
Jika Anda tidak ingin pesan berada di Spam, klik tombol "Bukan spam" untuk memindahkannya ke Kotak Masuk. Jika Anda salah menandainya sebagai phishing, klik panah ke bawah di samping "Balas" di kanan atas panel pesan, dan pilih "Laporkan bukan phishing" untuk memberi tahu kami bahwa pesan itu sah. Dengan melaporkan bahwa pesan bukan spam atau phishing, Anda akan membantu mengajari sistem Gmail apa yang harus dilakukan bila melihat pesan serupa pada masa mendatang.
Anda dapat menyesuaikan filter jika filter tersebut menyebabkan spam dipindahkan kembali ke Kotak Masuk.
Gmail menggunakan sistem deteksi spam otomatis untuk menganalisis pola dan memprediksi jenis pesan apa yang merupakan penipuan atau berpotensi berbahaya. Berikut ini hanya beberapa hal yang dipertimbangkan sistem kami saat menandai pesan sebagai spam:
  • Konten yang biasanya dikaitkan dengan spam seperti konten dewasa dan skema "ponzi"
  • Pesan palsu yang tampak sebagai respons "pesan pentalan" (email buatan sistem yang mungkin Anda dapatkan secara otomatis setelah mengirim pesan yang tidak dapat disampaikan, seperti pesan yang dikirim ke alamat email yang tidak valid)
  • Pesan yang dikirim dari akun atau alamat IP yang telah mengirim pesan spam yang lain
  • Perilaku pengguna Gmail lain, seperti banyak orang yang melaporkan spam untuk pengirim tertentu
  • Kemiripan dengan pesan spam atau phishing yang lain berdasarkan kombinasi hal-hal seperti materi pokok, elemen seperti ejaan dan pemformatan, dan lampiran yang mencurigakan
  • Perbedaan di antara preferensi bahasa Gmail dan bahasa yang digunakan dalam pesan
Yang perlu diketahui:
Sangat penting untuk mewaspadai scam phishing, pesan yang berusaha mengelabui Anda agar berbagi informasi pribadi seperti sandi dan detail kartu kredit. Untuk setiap pesan yang mencurigakan, sebaiknya jangan mengeklik tautan atau lampiran dalam pesan tersebut dan juga jangan membalas pesan tersebut. Ketahuilah bahwa Google tidak akan pernah menanyakan sandi atau informasi pribadi Anda melalui email.
Tindakan yang dapat Anda lakukan:
Jika pesan tampak seperti berusaha mendapatkan informasi pribadi Anda, tandai "Laporkan phishing" untuk membantu sistem kami mempelajari upaya tersebut.
Jika Anda yakin pesan tersebut tidak berbahaya, Anda dapat mengeklik tombol "Bukan spam" untuk memindahkan pesan keluar dari folder Spam dan dimasukkan ke Kotak Masuk. Ada juga beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah email yang sah ditandai sebagai spam.
Jika organisasi Anda menggunakan Gmail, administrator di grup Anda dapat memutuskan pesan apa yang tidak akan ditandai sebagai spam. Yang perlu diketahui:
Pesan tersebut akan dikirim ke Kotak Masuk Anda sesuai dengan permintaan organisasi Anda, bukan sistem deteksi spam otomatis Gmail. Oleh karena itu, mungkin saja Anda melihat pesan spam dikirim ke Kotak Masuk Anda.
Tindakan yang dapat Anda lakukan:
Jika Anda melihat pesan di Kotak Masuk Anda yang semestinya tidak ada di sana, Anda dapat menghubungi administrator dan meminta agar kebijakan domain diubah.
Jika pesan tampak seperti spam tetapi tidak berada di folder Spam, klik tombol "Laporkan sebagai spam" (dan tandai "Laporkan phishing" pada pesan yang mencoba mendapatkan informasi pribadi Anda).
Email yang tidak berisi apa-apa di subjek dan badan pesan dapat diklasifikasikan sebagai spam. Penyebar spam dapat mengirim pesan kosong secara tidak sengaja karena kesalahan atau bertujuan mengumpulkan daftar alamat email yang valid untuk dikirimi spam berikutnya. Yang perlu Anda ketahui:
Untuk setiap pesan yang mencurigakan, sebaiknya jangan membalas pesan tersebut.
Tindakan yang dapat Anda lakukan:
Jika pesan berasal dari orang yang Anda kenal dan Anda yakin pesan itu tidak berbahaya, Anda dapat mengeklik tombol Bukan spam untuk memindahkan pesan keluar dari folder Spam dan dimasukkan ke Kotak Masuk. Ada juga beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah email yang sah ditandai sebagai spam.
Yang perlu Anda ketahui:
Jika pengirim terus mengirim email setelah Anda mencoba untuk berhenti berlangganan dari pesan mereka, pesan baru dari pengirim ini akan langsung masuk ke Spam.
Tindakan yang dapat Anda lakukan:
Jika Anda memutuskan ingin menerima email dari pengirim ini, masuk ke situs web pengirim dan masuk dengan email lagi. Kemudian pastikan untuk memeriksa Spam dan tandai pesan sebagaiBukan spam.

No comments:

 
Blogger Templates