- Bila Anda menggunakan pelacakan konversi, Anda dapat menetapkan nilai yang sama ke semua tindakan konversi jenis tertentu (nilai statis) atau membiarkan tindakan konversi memiliki nilai yang berbeda (spesifik per transaksi).
- Nilai konversi membantu Anda melacak dan mengoptimalkan laba atas investasi (ROI) kampanye Anda.
- Anda dapat menggunakan strategi penawaran fleksibel laba atas belanja iklan (ROAS) target untuk memaksimalkan nilai konversi Anda sewaktu menghitung rata-rata laba atas belanja iklan target.
Berikut ini beberapa manfaat lain dari menggunakan nilai konversi:
- Wawasan yang lebih baik: Anda dapat mengukur nilai konversi total yang dihasilkan oleh konversi kampanye Anda. Hal ini juga membantu Anda melacak ROI kampanye dengan menggunakan kolom "Nilai/biaya konversi". Anda dapat menggunakan data ini untuk mengidentifikasi kata kunci, grup iklan, dan kampanye yang menampilkan laba atas investasi tinggi atau rendah serta mengubah tawaran, anggaran, dan penargetan secara manual.
- Penawaran lebih cerdas: Setelah menyiapkan nilai konversi, Anda dapat menggunakan strategi penawaran fleksibel laba atas belanja iklan (ROAS) target. Strategi penawaran fleksibel secara otomatis menetapkan tawaran untuk mengoptimalkan sasaran kinerja Anda di kampanye, grup iklan, dan kata kunci tertentu. Dengan ROAS target, AdWords akan menetapkan biaya per klik maksimum (BPK maks.) untuk memaksimalkan nilai konversi Anda, sambil mencoba mencapai laba atas belanja iklan (ROAS) rata-rata yang setara dengan target Anda.
Menyiapkan atau mengedit nilai konversi
Anda dapat mengubah nilai konversi sesering yang Anda mau. Perhatikan saja bahwa perubahan akan berlaku hanya pada konversi yang terjadi setelah perubahan, dan perubahan pada nilai default biasanya akan diterapkan dalam beberapa jam.Untuk setiap tindakan konversi, Anda memiliki tiga opsi untuk menyiapkan atau mengedit nilai konversi:
- Setiap kali terjadi, konversi memiliki nilai yang sama: Jika memilih setelan ini, apa pun nilai yang Anda pilih selama penyiapan akan digunakan, terlepas dari nilai spesifik per transaksi yang mungkin dikirim oleh tag konversi.
- Nilai tindakan konversi ini dapat bervariasi:
Jika memilih setelan ini, Anda harus mengedit tag untuk mengirimkan
nilai spesifik per transaksi. Anda juga harus memilih nilai dan mata
uang default yang dapat digunakan jika sewaktu-waktu tag Anda mengalami
masalah teknis dan gagal mengirim nilai.
Perhatikan
Sebaiknya hitung "Semua konversi" jika setiap konversi dapat memiliki nilai yang berbeda. Jika Anda memilih "Unik", hanya satu nilai yang akan dihitung, meskipun pelanggan berkonversi lebih dari sekali. Pelajari lebih lanjut mengenai penghitungan konversi.
- Jangan tetapkan nilai: Nilai konversi adalah 0, berapa pun nilai yang dikirim oleh tag.
Untuk mengubah nilai konversi default, ikuti langkah-langkah berikut:
- Masuk ke akun AdWords Anda.
- Klik tab Alat dan pilih Konversi.
- Di tabel, temukan nilai yang ingin diubah, lalu klik untuk mengubah nilai tersebutIn the table, find the value you'd like to change and click it to change the value.
Menggunakan nilai statis
Nilai statis adalah nilai yang tidak berubah — setiap kali konversi terjadi, nilai akan selalu sama. Anda dapat menggunakan nilai konversi statis jika Anda ingin mencatat nilai terpisah untuk pendaftaran dan prospek, misalkan Rp100.000 untuk pendaftaran dan Rp50.000 untuk prospek.Anda juga dapat menggunakan nilai statis untuk menunjukkan nilai relatif dari dua konversi. Misalnya, jika Anda memilih nilai 5 untuk prospek dan nilai 20 untuk penjualan, ini memungkinkan Anda untuk menilai penjualan empat kali lebih besar dibandingkan prospek.
Beberapa contoh tindakan lain yang dilakukan pelanggan yang dapat bernilai bagi bisnis Anda: penawaran harga, mengatur uji coba, permintaan telepon balik, atau mencari lokasi toko.
Menggunakan nilai dinamis
Nilai dinamis adalah nilai yang bisa berbeda setiap kali konversi yang sama terjadi. Jika Anda memiliki toko online dengan keranjang belanja, misalnya, satu konversi pembelian mungkin bernilai Rp250.000, sementara yang lainnya benilai Rp5.000.000.Anda dapat menggunakan nilai konversi dinamis untuk bisnis Anda jika setiap penjualan memiliki nilai konversi yang berbeda dan Anda ingin:
- Melacak dan mengoptimalkan laba atas investasi (ROI) kampanye Anda
- Menggunakan strategi penawaran fleksibel, seperti laba atas belanja iklan (ROAS) target. Sebaiknya Anda memilih "Semua" di setelan penghitungan konversi Anda jika demikian. Jika Anda memilih "Unik", hanya satu nilai yang akan dihitung, meskipun pelanggan berkonversi lebih dari sekali.
Persyaratan
Menyiapkan nilai dinamis memerlukan dukungan dari pengembang web, seseorang yang dapat mengintegrasikan nilai dinamis dengan variabelgoogle_conversion_value
dalam tag pelacakan konversi.Menyiapkan nilai dinamis
Untuk menyiapkan nilai dinamis, ikuti langkah-langkah dalam artikel ini tentang melacak nilai konversi spesifik per transaksi.Menemukan nilai konversi dalam laporan
Setelah menyiapkan pelacakan konversi, Anda akan memiliki akses ke data nilai konversi, seperti jumlah semua nilai konversi untuk semua konversi Anda. Untuk melihat sekilas semua data nilai konversi, Anda harus menambahkan kolom ke tabel statistik.Perhatikan bahwa konversi hanya dihitung di Google dan beberapa situs atau produk Jaringan Google. Metrik konversi Anda disesuaikan agar hanya mencerminkan klik iklan yang dapat mengarah ke konversi.
Mata uang nilai konversi
Nilai konversi akan selalu dilaporkan kepada Anda dalam mata uang penagihan AdWords. Namun, Anda dapat menetapkan mata uang yang berbeda pada nilai untuk masing-masing tindakan konversi.Anda dapat melakukan hal ini dalam setelan untuk tindakan konversi, atau ketika menyiapkan tindakan konversi baru. Ketika menetapkan nilai untuk tindakan konversi, cukup pilih mata uang yang ingin Anda gunakan dari menu.
Jika nilai konversi spesifik per transaksi diberikan pada tag pelacakan konversi, Anda juga dapat menentukan mata uang yang akan dikaitkan dengan nilai tersebut dengan menggunakan variabel "
google_conversion_currency
"
dalam kode. Anda harus menggunakan kode 3 huruf standar ISO 4217 yang
sesuai untuk mata uang tersebut, yang dapat ditemukan di laman ini.Contoh
var google_conversion_currency = "EUR";
Contoh
¤cy_code=EUR
Jika Anda memilih "Mata uang tidak ditetapkan", kami akan mengabaikan kode mata uang yang disediakan oleh tag, dan menambahkan nilai konversi tanpa mengonversikan mata uang.
Perhatikan
Jika tag konversi (atau konversi yang diimpor) tidak menentukan kode mata uang, atau tidak menggunakan kode 3 huruf standar ISO 4217, kami akan mengabaikan mata uang dalam tag dan sebagai gantinya menggunakan mata uang yang Anda berikan dengan nilai default untuk tindakan konversi tersebut.Mata uang nilai konversi untuk pelacakan konversi lintas akun
Jika Anda menggunakan pelacakan konversi lintas akun — dikelola di Pusat Klien Saya — dengan beberapa akun AdWords, nilai konversi akan menggunakan mata uang akun MCC, kecuali bila Anda menentukan mata uang yang berbeda dengan nilai default atau memberikan kode mata uang di tag konversi. Namun, jika akun AdWords yang menghasilkan klik terkonversi memiliki mata uang penagihan yang berbeda, nilai konversi akan dikonversi ke mata uang akun tersebut menggunakan nilai tukar mata uang asing harian rata-rata.Contoh
Mata uang default akun MCC Anda adalah Pound Inggris. Anda membuat tindakan konversi yang Anda beri nilai £10. Seseorang mengeklik iklan yang ditayangkan oleh akun terkelola dengan mata uang default Euro dan menyelesaikan tindakan konversi. Nilai tukar mata uang adalah £1 = €1,19. Pada akun terkelola, kami akan menampilkan nilai konversi sebesar €11,93. Nilai konversi masih akan ditampilkan sebagai £10 dalam akun MCC.Nilai dan strategi penawaran
Setelah Anda menyiapkan nilai konversi, Anda akan dapat menggunakan strategi penawaran fleksibel laba atas belanja iklan (ROAS) target. Strategi penawaran fleksibel secara otomatis menetapkan tawaran untuk mengoptimalkan sasaran kinerja Anda. Untuk membantu meningkatkan kinerja Anda, Target Laba Atas Belanja Iklan (ROAS) menggabungkan detail waktu nyata seperti perangkat, browser, lokasi, dan waktu untuk menyesuaikan tawaran Anda selama masing-masing lelang iklan.ROAS target memaksimalkan nilai konversi Anda, sambil mencoba mencapai laba atas belanja iklan (ROAS) rata-rata yang sudah Anda tetapkan. Dengan kata lain, nilai ini adalah nilai konversi rata-rata (misalnya, pendapatan) yang ingin Anda dapatkan untuk setiap rupiah yang Anda belanjakan di iklan.
Anda dapat menggunakan Laba Atas Belanja Iklan (ROAS) target bila Anda menilai konversi individual atau tindakan konversi secara berbeda dan ingin memenuhi ROAS target. Pelajari selengkapnya Target Laba Atas Belanja Iklan (ROAS) dan cara menyiapkannya.
Perhatikan
Tindakan konversi yang sudah ada yang belum dipilihkan nilai akan memiliki nilai default "1".Langkah berikutnya
- Cara menyiapkan pelacakan konversi
- Selengkapnya tentang strategi penawaran fleksibel
No comments:
Post a Comment