Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Saturday 11 July 2015

Menggunakan nilai konversi di google adwords

  • Bila Anda menggunakan pelacakan konversi, Anda dapat menetapkan nilai yang sama ke semua tindakan konversi jenis tertentu (nilai statis) atau membiarkan tindakan konversi memiliki nilai yang berbeda (spesifik per transaksi).
  • Nilai konversi membantu Anda melacak dan mengoptimalkan laba atas investasi (ROI) kampanye Anda.
  • Anda dapat menggunakan strategi penawaran fleksibel laba atas belanja iklan (ROAS) target untuk memaksimalkan nilai konversi Anda sewaktu menghitung rata-rata laba atas belanja iklan target.
Tidak semua konversi sama — beberapa konversi bernilai lebih besar untuk bisnis Anda dibandingkan yang lain. Jika Anda menetapkan nilai ke konversi, Anda dapat melihat nilai total yang dihasilkan oleh iklan Anda di berbagai konversi, dan bukan sekadar jumlah konversi yang telah terjadi. Anda pun dapat mengidentifikasi dan fokus pada konversi bernilai tinggi.
Berikut ini beberapa manfaat lain dari menggunakan nilai konversi:
  • Wawasan yang lebih baik: Anda dapat mengukur nilai konversi total yang dihasilkan oleh konversi kampanye Anda. Hal ini juga membantu Anda melacak ROI kampanye dengan menggunakan kolom "Nilai/biaya konversi". Anda dapat menggunakan data ini untuk mengidentifikasi kata kunci, grup iklan, dan kampanye yang menampilkan laba atas investasi tinggi atau rendah serta mengubah tawaran, anggaran, dan penargetan secara manual.
  • Penawaran lebih cerdas: Setelah menyiapkan nilai konversi, Anda dapat menggunakan strategi penawaran fleksibel laba atas belanja iklan (ROAS) target. Strategi penawaran fleksibel secara otomatis menetapkan tawaran untuk mengoptimalkan sasaran kinerja Anda di kampanye, grup iklan, dan kata kunci tertentu. Dengan ROAS target, AdWords akan menetapkan biaya per klik maksimum (BPK maks.) untuk memaksimalkan nilai konversi Anda, sambil mencoba mencapai laba atas belanja iklan (ROAS) rata-rata yang setara dengan target Anda.

Menyiapkan atau mengedit nilai konversi

Anda dapat mengubah nilai konversi sesering yang Anda mau. Perhatikan saja bahwa perubahan akan berlaku hanya pada konversi yang terjadi setelah perubahan, dan perubahan pada nilai default biasanya akan diterapkan dalam beberapa jam.
Untuk setiap tindakan konversi, Anda memiliki tiga opsi untuk menyiapkan atau mengedit nilai konversi:
  • Setiap kali terjadi, konversi memiliki nilai yang sama: Jika memilih setelan ini, apa pun nilai yang Anda pilih selama penyiapan akan digunakan, terlepas dari nilai spesifik per transaksi yang mungkin dikirim oleh tag konversi.
  • Nilai tindakan konversi ini dapat bervariasi: Jika memilih setelan ini, Anda harus mengedit tag untuk mengirimkan nilai spesifik per transaksi. Anda juga harus memilih nilai dan mata uang default yang dapat digunakan jika sewaktu-waktu tag Anda mengalami masalah teknis dan gagal mengirim nilai.

    Perhatikan

    Sebaiknya hitung "Semua konversi" jika setiap konversi dapat memiliki nilai yang berbeda. Jika Anda memilih "Unik", hanya satu nilai yang akan dihitung, meskipun pelanggan berkonversi lebih dari sekali. Pelajari lebih lanjut mengenai penghitungan konversi.
  • Jangan tetapkan nilai: Nilai konversi adalah 0, berapa pun nilai yang dikirim oleh tag.

Untuk mengubah nilai konversi default, ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Masuk ke akun AdWords Anda.
  2. Klik tab Alat dan pilih Konversi.
  3. Di tabel, temukan nilai yang ingin diubah, lalu klik untuk mengubah nilai tersebutIn the table, find the value you'd like to change and click it to change the value.

Menggunakan nilai statis

Nilai statis adalah nilai yang tidak berubah — setiap kali konversi terjadi, nilai akan selalu sama. Anda dapat menggunakan nilai konversi statis jika Anda ingin mencatat nilai terpisah untuk pendaftaran dan prospek, misalkan Rp100.000 untuk pendaftaran dan Rp50.000 untuk prospek.
Anda juga dapat menggunakan nilai statis untuk menunjukkan nilai relatif dari dua konversi. Misalnya, jika Anda memilih nilai 5 untuk prospek dan nilai 20 untuk penjualan, ini memungkinkan Anda untuk menilai penjualan empat kali lebih besar dibandingkan prospek.
Beberapa contoh tindakan lain yang dilakukan pelanggan yang dapat bernilai bagi bisnis Anda: penawaran harga, mengatur uji coba, permintaan telepon balik, atau mencari lokasi toko.
  1. Masuk ke akun AdWords di https://adwords.google.co.id.
  2. Klik tab Alat dan pilih Konversi.
  3. Klik + Konversi jika Anda membuat tindakan konversi baru. Atau, pilih tindakan konversi yang sudah ada yang ingin Anda tambahi nilai.
  4. Untuk tindakan konversi baru, masukkan nilai dalam bidang "Nilai konversi". Untuk tindakan konversi yang sudah ada, klik tab Setelan, lalu klik Edit Setelan untuk memasukkan nilai untuk tindakan ini.
  5. Klik Simpan dan lanjutkan atau Simpan, tergantung apakah Anda menambahkan nilai untuk tindakan konversi baru atau yang sudah ada. Pilih "Setiap konversi memiliki nilai yang sama", masukkan nilai numerik, dan klik Simpan. Anda tidak perlu memperbarui tag — semua nilai di tag akan diabaikan dan diganti dengan nilai ini.

Menggunakan nilai dinamis

Nilai dinamis adalah nilai yang bisa berbeda setiap kali konversi yang sama terjadi. Jika Anda memiliki toko online dengan keranjang belanja, misalnya, satu konversi pembelian mungkin bernilai Rp250.000, sementara yang lainnya benilai Rp5.000.000.
Anda dapat menggunakan nilai konversi dinamis untuk bisnis Anda jika setiap penjualan memiliki nilai konversi yang berbeda dan Anda ingin:
  • Melacak dan mengoptimalkan laba atas investasi (ROI) kampanye Anda
  • Menggunakan strategi penawaran fleksibel, seperti laba atas belanja iklan (ROAS) target. Sebaiknya Anda memilih "Semua" di setelan penghitungan konversi Anda jika demikian. Jika Anda memilih "Unik", hanya satu nilai yang akan dihitung, meskipun pelanggan berkonversi lebih dari sekali.

Persyaratan

Menyiapkan nilai dinamis memerlukan dukungan dari pengembang web, seseorang yang dapat mengintegrasikan nilai dinamis dengan variabel google_conversion_value dalam tag pelacakan konversi.

Menyiapkan nilai dinamis

Untuk menyiapkan nilai dinamis, ikuti langkah-langkah dalam artikel ini tentang melacak nilai konversi spesifik per transaksi.

Menemukan nilai konversi dalam laporan

Setelah menyiapkan pelacakan konversi, Anda akan memiliki akses ke data nilai konversi, seperti jumlah semua nilai konversi untuk semua konversi Anda. Untuk melihat sekilas semua data nilai konversi, Anda harus menambahkan kolom ke tabel statistik.
  1. Masuk ke akun AdWords di https://adwords.google.co.id.
  2. Untuk melihat data berdasarkan periode tertentu, klik menu rentang tanggal di sudut atas laman, lalu pilih periode waktu yang ingin Anda analisis.
  3. Klik tab Kampanye.
  4. Klik tombol Kolom di atas tabel statistik dan pilih "Ubah kolom" dari tarik-turun.
  5. Klik Konversi, lalu klik Tambahkan di samping kolom yang berisi data yang ingin Anda lihat:
    • "Nilai konv. total": Jumlah semua nilai konversi untuk semua klik iklan selama rentang tanggal yang telah dipilih. Ini biasanya sama dengan pendapatan total yang dihasilkan oleh iklan Anda.
    • "Nilai / biaya konv.": Nilai konversi total yang dibagi dengan biaya total untuk semua klik iklan. Jika Anda telah memasukkan nilai pendapatan atau profit, nilai ini akan setara dengan laba atas investasi Anda.
    • "Nilai / klik konv.": Nilai total dari semua konversi yang dibagi dengan jumlah total klik. Ini mengukur pendapatan rata-rata yang dihasilkan oleh setiap klik di iklan Anda.
    • "Nilai / konversi": Nilai total semua konversi dibagi dengan jumlah total konversi. Ini mengukur pendapatan rata-rata yang dihasilkan oleh setiap konversi Anda.
    • "Nilai / klik terkonversi": Nilai total semua konversi dibagi dengan jumlah total klik terkonversi.
Perhatikan bahwa konversi hanya dihitung di Google dan beberapa situs atau produk Jaringan Google. Metrik konversi Anda disesuaikan agar hanya mencerminkan klik iklan yang dapat mengarah ke konversi.

Mata uang nilai konversi

Nilai konversi akan selalu dilaporkan kepada Anda dalam mata uang penagihan AdWords. Namun, Anda dapat menetapkan mata uang yang berbeda pada nilai untuk masing-masing tindakan konversi.
Anda dapat melakukan hal ini dalam setelan untuk tindakan konversi, atau ketika menyiapkan tindakan konversi baru. Ketika menetapkan nilai untuk tindakan konversi, cukup pilih mata uang yang ingin Anda gunakan dari menu.
Jika nilai konversi spesifik per transaksi diberikan pada tag pelacakan konversi, Anda juga dapat menentukan mata uang yang akan dikaitkan dengan nilai tersebut dengan menggunakan variabel "google_conversion_currency" dalam kode. Anda harus menggunakan kode 3 huruf standar ISO 4217 yang sesuai untuk mata uang tersebut, yang dapat ditemukan di laman ini.

Contoh

var google_conversion_currency = "EUR";
Anda juga harus menggunakan kode yang sama di baris tag IMG.

Contoh

&currency_code=EUR
Jika Anda melaporkan nilai konversi dalam mata uang selain mata uang default Anda, kami akan menggunakan nilai tukar mata uang asing harian rata-rata untuk mengonversi jumlah tersebut ke mata uang akun dalam laporan Anda. Ini memastikan nilai konversi dilaporkan dalam mata uang yang sama dengan biaya iklan Anda, sehingga rasio seperti ROAS menjadi berguna.
Jika Anda memilih "Mata uang tidak ditetapkan", kami akan mengabaikan kode mata uang yang disediakan oleh tag, dan menambahkan nilai konversi tanpa mengonversikan mata uang.

Perhatikan

Jika tag konversi (atau konversi yang diimpor) tidak menentukan kode mata uang, atau tidak menggunakan kode 3 huruf standar ISO 4217, kami akan mengabaikan mata uang dalam tag dan sebagai gantinya menggunakan mata uang yang Anda berikan dengan nilai default untuk tindakan konversi tersebut.

Mata uang nilai konversi untuk pelacakan konversi lintas akun

Jika Anda menggunakan pelacakan konversi lintas akun — dikelola di Pusat Klien Saya — dengan beberapa akun AdWords, nilai konversi akan menggunakan mata uang akun MCC, kecuali bila Anda menentukan mata uang yang berbeda dengan nilai default atau memberikan kode mata uang di tag konversi. Namun, jika akun AdWords yang menghasilkan klik terkonversi memiliki mata uang penagihan yang berbeda, nilai konversi akan dikonversi ke mata uang akun tersebut menggunakan nilai tukar mata uang asing harian rata-rata.

Contoh

Mata uang default akun MCC Anda adalah Pound Inggris. Anda membuat tindakan konversi yang Anda beri nilai £10. Seseorang mengeklik iklan yang ditayangkan oleh akun terkelola dengan mata uang default Euro dan menyelesaikan tindakan konversi. Nilai tukar mata uang adalah £1 = €1,19. Pada akun terkelola, kami akan menampilkan nilai konversi sebesar €11,93. Nilai konversi masih akan ditampilkan sebagai £10 dalam akun MCC.
Jika Anda melacak tindakan konversi tanpa nilai uang yang sesungguhnya, namun masih menginginkan cara untuk mengukur nilai relatif dari berbagai tindakan konversi, Anda dapat memilih untuk tidak menetapkan mata uang. Nilai ini sering disebut sebagai "indikator kerja utama" atau "KPI". Bahkan jika tag Anda menyertakan kode mata uang, tag akan diabaikan jika Anda memilih tanpa mata uang untuk nilai default dari tindakan konversi tersebut. Ini memungkinkan Anda mengontrol apakah nilai konversi Anda mengukur nilai uang atau KPI tanpa memperbarui tag pelacakan konversi di situs Anda.

Contoh

Anda memiliki formulir pendaftaran email di situs web Anda, dan memilih untuk tidak menetapkan nilai uang ke pendaftaran, namun masih ingin menetapkan nilai angka ke pendaftaran. Anda membuat tindakan konversi dan menetapkan nilai "2" ke setiap pendaftaran, dan memilih "Tidak ada mata uang yang ditetapkan." Dalam laporan, Anda akan melihat nilai "2" apa pun mata uang penagihan akun Anda atau apa pun kode mata uang yang dikirimkan ke tag.
Jika tindakan konversi di akun MCC Anda tidak memiliki mata uang yang ditetapkan ke nilai, kami tidak akan melakukan konversi penukaran mata uang asing, apa pun mata uang akun dalam akun AdWords yang mendapatkan kredit untuk konversi.

Nilai dan strategi penawaran

Setelah Anda menyiapkan nilai konversi, Anda akan dapat menggunakan strategi penawaran fleksibel laba atas belanja iklan (ROAS) target. Strategi penawaran fleksibel secara otomatis menetapkan tawaran untuk mengoptimalkan sasaran kinerja Anda. Untuk membantu meningkatkan kinerja Anda, Target Laba Atas Belanja Iklan (ROAS) menggabungkan detail waktu nyata seperti perangkat, browser, lokasi, dan waktu untuk menyesuaikan tawaran Anda selama masing-masing lelang iklan.
ROAS target memaksimalkan nilai konversi Anda, sambil mencoba mencapai laba atas belanja iklan (ROAS) rata-rata yang sudah Anda tetapkan. Dengan kata lain, nilai ini adalah nilai konversi rata-rata (misalnya, pendapatan) yang ingin Anda dapatkan untuk setiap rupiah yang Anda belanjakan di iklan.
Anda dapat menggunakan Laba Atas Belanja Iklan (ROAS) target bila Anda menilai konversi individual atau tindakan konversi secara berbeda dan ingin memenuhi ROAS target. Pelajari selengkapnya Target Laba Atas Belanja Iklan (ROAS) dan cara menyiapkannya.

Perhatikan

Tindakan konversi yang sudah ada yang belum dipilihkan nilai akan memiliki nilai default "1".

Langkah berikutnya

No comments:

 
Blogger Templates